Minggu, 15 Juni 2014

Musik Psychedelic

guys this all about music and we are talking about music psychedelic 
biar wawasan bermusik kita tambah luas guys kita belajar bareng-bareng tentang musik psychedelic guys!!!
let's see !!!


Musik Psychedelic (kadang-kadang psychedelia) mencakup berbagai gaya musik populer dan genre, yang terinspirasi oleh atau dipengaruhi oleh budaya psychedelic dan yang berusaha untuk meniru dan / atau meningkatkan pengalaman pikiran-mengubah dari obat psikedelik . Ini muncul selama pertengahan 1960-an di antara folk rock dan batu biru band di Amerika Serikat dan Inggris .
Band musik Psychedelic sering digunakan teknik rekaman baru dan efek dan menarik pada sumber-sumber non-Barat seperti ragas dan drone dari musik India . Pengaruh Psychedelic menyebar ke rakyat, rock, dan jiwa, menciptakan subgenre dari rakyat psychedelic , psychedelic rock , psychedelic pop dan soul psychedelic pada akhir tahun 1960 sebelum menurun pada awal tahun 1970. Band musik Psychedelic memperluas cakrawala musik mereka, dan melanjutkan untuk membuat dan pengaruh banyak genre musik baru, termasuk rock progresif , musik kosmische , synth batu , batu jazz , heavy metal , glam rock , funk , elektro dan bubblegum pop . Musik Psychedelic dihidupkan kembali dalam berbagai bentuk neopsychedelia dari tahun 1980-an, di psychedelic hip hop dan kembali muncul dalam musik elektronik dalam genre termasuk rumah asam , musik trance dan rave baru .

Karakteristik

Sejumlah fitur yang sering disertakan dalam musik psychedelic. Instrumentasi eksotis, dengan kesukaan tertentu untuk sitar dan tabla yang umum.  Lagu sering memiliki struktur yang lebih kompleks lagu, kunci dan tanda tangan waktu perubahan, modal melodi dan drone dari musik pop kontemporer. Surreal , aneh, atau esoterically sastra-terinspirasi, lyrics sering digunakan.  Sering ada penekanan kuat pada diperpanjang berperan solo atau kemacetan , biasanya menampilkan gitar listrik sangat terdistorsi sebagai instrumen utama. gitar listrik yang digunakan untuk membuat umpan balik , dan diputar melalui wah wah dan fuzzbox efek pedal. Ada kehadiran keyboard yang kuat, pada tahun 1960 ini terutama menggunakan elektronik organ , harpsichord , atau Mellotron , awal rekaman-driven Keyboard 'sampler'.  Efek studio rumit sering digunakan, seperti kaset mundur , panning , pentahapan , lama delay loop , dan ekstrim reverb .  Pada tahun 1960 ada penggunaan instrumen elektronik primitif seperti awal synthesizer dan Theremin . Kemudian bentuk psychedelia elektronik juga digunakan berulang-ulang ketukan yang dihasilkan komputer. 

Sejarah

Dari paruh kedua tahun 1950-an, Mengalahkan Generation penulis seperti William Burroughs , Jack Kerouac dan Allen Ginsberg  menulis tentang dan mengambil obat-obatan, termasuk ganja dan Benzedrine , meningkatkan kesadaran dan membantu mempopulerkan penggunaannya. Pada awal 1960-an penggunaan LSD dan halusinogen lainnya yang dianjurkan oleh pendukung baru ekspansi kesadaran seperti Timothy Leary , Alan Watts , Aldous Huxley dan Arthur Koestler ,  dan, menurut LR Veysey, mereka sangat mempengaruhi pemikiran baru generasi muda. 
Gaya hidup psychedelic sudah dikembangkan di California, khususnya di San Francisco, pada pertengahan 1960-an, dengan besar pertama pabrik LSD bawah tanah yang didirikan oleh Owsley Stanley .  Dari 1964 Selamat pranksters , kelompok longgar yang dikembangkan di sekitar novelis Ken Kesey , mensponsori Tes Acid , rangkaian acara berbasis di sekitar pengambilan LSD (dipasok oleh Stanley), disertai dengan menunjukkan cahaya, proyeksi film dan sumbang, musik improvisasi yang dikenal sebagai simfoni psychedelic. The Pranksters membantu mempopulerkan penggunaan LSD, melalui perjalanan mereka jalan di seluruh Amerika dalam psychedelically dihiasi dikonversi bus sekolah, yang melibatkan mendistribusikan obat dan bertemu dengan tokoh-tokoh utama gerakan beat, dan melalui publikasi tentang kegiatan mereka seperti Tom Wolfe The Electric Kool-Aid Acid Uji (1968). 

San Francisco juga memiliki musik yang muncul dari klub rakyat, rumah kopi dan stasiun radio independen yang melayani populasi siswa di dekat Berkeley dan pemikir bebas yang condong ke kota. Sudah ada budaya penggunaan narkoba antara jazz dan musik blues musisi, dan pada awal tahun 1960-an penggunaan obat-obatan termasuk ganja, peyote , mescaline dan LSD  mulai tumbuh di kalangan rakyat dan musisi rock.  Segera musisi mulai merujuk (pada awalnya tidak langsung, dan kemudian secara eksplisit untuk) obat dan berusaha untuk menciptakan atau mencerminkan pengalaman mengambil LSD dalam musik mereka, sama seperti tercermin dalam seni psychedelic , sastra psychedelic dan Film . 

Rakyat Psychedelic

Salah satu kegunaan musik pertama dari istilah "psychedelic" dalam adegan rakyat adalah oleh kelompok rakyat berbasis di New York The Holy Modal Rounders pada versi mereka Timbal Belly 's' Keraguan Blues 'pada tahun 1964. 
Folk / avant -garde gitaris John Fahey merekam beberapa lagu di awal 1960-an bereksperimen dengan teknik yang tidak biasa rekaman, termasuk kaset mundur, dan novel iringan instrumen termasuk flute dan sitar.  Nya sembilan belas menit "The Great San Bernardino Birthday Party" "elemen diantisipasi ". psychedelia dengan improvisasi gelisah dan laras gitar aneh  Demikian pula, gitaris rakyat Sandy Banteng karya awal 's "dimasukkan unsur folk, jazz, dan mode dronish India dan Arab-dipengaruhi".  Nya 1963 album fantasia untuk Gitar dan Banjo mengeksplorasi berbagai gaya dan "juga bisa secara akurat digambarkan sebagai salah satu catatan psychedelic pertama". 
Kecenderungan ini berjalan secara paralel di Amerika dan Inggris dan sebagai bagian dari rakyat, folk rock dan rock adegan yang saling terkait. Blues, obat-obatan, jazz dan timur pengaruh telah menampilkan sejak tahun 1964 dalam karya Davy Graham dan Bert Jansch . Folk seniman yang sangat signifikan dalam gerakan psychedelic termasuk pemain Skotlandia Donovan , yang menggabungkan pengaruh dari seniman Amerika seperti Bob Dylan dengan referensi daya bunga , dan luar biasa String Band , yang dari tahun 1967 tergabung berbagai pengaruh ke akustik musik berbasis instrumen mereka, termasuk instrumen abad pertengahan dan timur. 


Psychedelic rock

The Beatles memperkenalkan banyak unsur-unsur utama dari suara psychedelic ke khalayak mainstream di pertengahan 1960-an, misalnya dengan " I Feel Baik "(1964), yang menggunakan umpan balik gitar; pada akhir 1965 Rubber Soul album menggunakan sitar pada " Norwegian Wood "; mereka dipekerjakan backmasking pada 1966 tunggal B-side mereka " Rain "dan lagu lainnya yang muncul di mereka Revolver album akhir tahun itu. referensi Drug mulai muncul dalam lagu-lagu mereka, " Day Tripper "(1965), dan lebih eksplisit di " Tomorrow Never Knows "(1966).  Namun, penggunaan pertama dari istilah "psychedelic rock" umumnya dikaitkan dengan Austin, Texas band Elevator 13th Floor , yang tur awal akan menginspirasi masih inkubasi scene psychedelic San Francisco . The Byrds cepat berkembang jauh dari batu murni rakyat pada tahun 1966 dengan single mereka " Delapan Miles Tinggi ", yang diambil secara luas untuk menjadi acuan untuk penggunaan narkoba. 
Di Inggris bisa dibilang band paling berpengaruh dalam genre musik psychedelic adalah The Yardbirds,  yang, dengan Jeff Beck sebagai gitaris mereka, semakin pindah ke wilayah psychedelic, menambahkan up-tempo improvisasi "rave up", lagu Gregorian dan dunia musik pengaruh lagu termasuk "Masih Aku Sad" (1965), " Bentuk of Things "(1966), dan" Selama Under Sideways Bawah "(1966).  Dari tahun 1966 tanah Inggris adegan yang berbasis di London Utara yang didukung tindakan baru dengan pengaruh psychedelic, termasuk pink Floyd , Lalu Lintas dan Soft Machine . Pada tahun yang sama melihat album debut rock band Cream dan The Jimi Hendrix Experience yang menampilkan diperpanjang bagian improvisasi bisnis menggunakan sangat terdistorsi dan suara-diproses gitar listrik, yang pergi ke menjadi fitur kunci dari musik psychedelic. 
Psychedelic rock mencapai puncaknya pada tahun-tahun terakhir dekade. Pada tahun 1967, The Beatles merilis Sgt. Pepper Lonely Hearts Club Band , termasuk lagu " Lucy in the Sky dengan Diamonds "dan Rolling Stones merespons akhir tahun itu dengan hanya album psikedelik mereka mereka setan Mulia Permintaan .  Bunga Citra Lestari diproduksi The Piper at the Gates of Dawn .  Di Amerika Summer of Love itu diawali oleh Human Be-In event dan mencapai puncaknya di Monterey Pop Festival , yang terakhir membantu membuat bintang utama Amerika Hendrix dan The Who, yang single " I Can See for Miles " menggali ke wilayah psychedelic.  rekaman kunci termasuk Jefferson Airplane yang surealistik Bantal dan The Doors ' Strange Days .  Kecenderungan ini memuncak pada 1969 festival Woodstock , yang melihat pertunjukan oleh sebagian besar tindakan psychedelic utama, termasuk Jimi Hendrix, Janis Joplin dan Santana . 


Psychedelic pop

Sebagai psychedelia muncul sebagai arus utama dan kekuatan komersial, terutama melalui karya The Beatles, ia mulai mempengaruhi musik pop, yang tergabung hippie mode, serta suara sitars, fuzz gitar, dan efek tape.  The Beach Boys 'hit single " Good Vibrations "adalah salah satu lagu pop pertama yang menggabungkan lirik psychedelic dan suara, membuat penggunaan Tannerin (lebih mudah untuk memanipulasi versi dari Theremin ). Amerika band pop yang berorientasi diikuti dalam vena ini termasuk listrik plum , Strawberry Alarm Clock dan Blues Magoos . Suara Psychedelic juga dimasukkan ke output dari awal bubblegum pop bertindak seperti The Monkees dan The Lemon Pipers .  penyanyi folk Skotlandia Donovan 'transformasi untuk' 'musik listrik memberinya 1966 pop hit dengan " Sinar Matahari Superman ", salah satu awal catatan pop psychedelic terang-terangan. Pink Floyd " Arnold Layne "dan" Lihat Emily Mainkan ", keduanya ditulis oleh Syd Barrett , membantu mengatur pola psychedelic pop di Inggris. 
Lebih pop-berorientasi psychedelia sangat populer di kalangan band yang muncul di Australia dan Selandia Baru, termasuk The Easybeats , yang dibentuk di Sydney tetapi yang mencatat hit internasional mereka " Jumat di pikiran saya "(1966) di London dan tinggal di sana untuk forays mereka ke psychedelic -biruan pop sampai mereka bubar pada tahun 1970. Sebuah jalan yang sama dikejar oleh Bee Gees , dibentuk di Brisbane, tetapi album yang pertama Bee Gees 1 (1967), tercatat di London, memberi mereka tiga single hit besar dan berisi rakyat , unsur-unsur rock dan psychedelic, berat dipengaruhi oleh The Beatles.  The Twilights , dibentuk di Adelaide, juga dibuat untuk perjalanan ke London, merekam serangkaian hits kecil, menyerap adegan psikedelik, untuk kembali ke rumah untuk menghasilkan sampul Beatles ' lagu, lengkap dengan sitar, dan konsep album Once upon a Twilight (1968).  Band Selandia Baru paling sukses, The La De Das , menghasilkan psychedelic konsep album pop The Happy Pangeran (1968), berdasarkan Oscar wilde klasik anak-anak, namun gagal untuk menerobos di Inggris dan dunia yang lebih luas. 

Jiwa Psychedelic

Pada akhir 1960-an, musik psychedelic mulai berdampak pada musisi Afrika Amerika, terutama bintang-bintang Motown label. Dipengaruhi oleh gerakan hak-hak sipil , jiwa psychedelic memiliki tepi yang lebih gelap dan lebih politis daripada banyak asam rock. Membangun funk suara James Brown , itu dipelopori oleh Sly and the Family Stone dengan lagu-lagu seperti " Dance to the Music "(1968)," Orang-orang Everyday "(1968) dan" Aku Ingin Bawa Anda lebih tinggi "( 1969) dan The Temptations dengan " Cloud Nine "(1968)," Pelarian Child, Running Liar "(1969) dan" Psychedelic Shack "(1969). Lainnya segera diikuti seperti Supremes dengan " Anak Cinta "(1968) dan" Stoned Cinta "(1970), The Chambers Saudara dengan " Waktu telah datang hari ini "(1966, tetapi mencatat pada tahun 1968), The 5th Dimension dengan sampul Laura Nyro 's " Stoned Jiwa piknik "(1968),  Edwin Starr 's " War "(1970) dan Undisputed Truth '"s Smiling Faces Kadang-kadang "(1971). George Clinton 's saling Funkadelic dan Parlemen ansambel dan berbagai mereka spin-off, mengambil genre ke panjang yang paling ekstrim membuat funk hampir agama pada 1970-an,  memproduksi lebih dari empat puluh single, termasuk tiga di US sepuluh, dan tiga album platinum. 

hanya ilmu ini guys yang dapat saya share untuk kalian
thanks guys for visiting our blog
blogger writer by :WillyZilly


Tidak ada komentar:

Posting Komentar